Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘tanaman’ Category

Leek oLagi iseng baca-baca soal bawang daun atau daun bawang, bolak-balik juga sama saja sih, jadi keterusan baca soal Leek. Awalnya karena saya punya benih Leek jenis D’hiver St Victor warna ungu. Heran dengan namanya yang seperti ksatria dari Perancis membuat saya membaca-baca soal Leek alias Allium Porrum dalam nama Latin.

Leek walaupun mirip Bawang Daun yang kita kenal memiliki aroma dan rasa yang lebih lembut dari bawang. Tumbuhnya sih lebih besar dari bawang daun, tinggi pula. Bentuknya sih mirip banget dengan daunnya yang memanjang runcing dan tampak seperti berlapis lilin.

(more…)

Read Full Post »

Ingin memiliki tanaman hias di lahan sempit? Coba mengakalinya dengan menanamnya di dinding. Vertical Garden istilahnya. Yang saya lakukan sekarang sih menemploki dinding depan di halaman rumah dengan pakis dan menempelinya dengan anggrek. Sebenarnya sih cita-cita saya dalam membuat vertical garden seperti gambar di bawah ini, tapi belum kesampaian. Dibawah ini adalah panel vertical garden dengan tanaman jenis sukulen. Cantik ya?

source: http://floragrubb.com/idx/index.php

Read Full Post »

Tentang Anthurium

Gegap gempita atau katakanlah hingar bingar soal Anthurium sudah lama berselang. Saya juga bukan mau bahas soal tanaman berdaun hijau yang katanya bertulang indah ini. Saya kan bukan pakar tanaman, tukang makan lalapan sih iya. Keinginan urun pendapat soal Anthurium tanaman pembawa stress dan meningkatkan aksi pencuri tanaman ini berasal dari tetangga orang tua saya yang kemarin kecurian Anthurium sekitar 10 atau 15 pot yang berharga minimal Rp 500 ribuan per tanaman. Sekarang tetangga saya yang sudah lanjut usia itu gara-gara kejadian tersebut jadi terbengong-bengong dan melamun sedih.

Nah kan kalau sudah begini apa bagusnya Anthurium? Ada cerita orang yang katanya karena tanaman yang dimilikinya tersebut sudah berharga puluhan juta rupiah, dibuatlah kerangkeng dan dikunci gembok segala. Halah, geuning alahbatan miara sato wae nya.. kalau beruang mah nah baru pantas kalau dikerangkeng. Sebenarnya yang bikin gosip tanaman ini berharga, cantik molek, anggun, keren siapa sih? Hayo ngaku!. Kasihan tuh orang-orang bukannya senang dan bahagia miara Anthurium, yang ada malah pada stress, tiap hari mesti jemur dan malam hari kudu dimasukan lagi ke rumah, persis layaknya miara burung Perkutut. (more…)

Read Full Post »

Bunga Matahari

Bunga Matahari atau Sun Flower bernama Latin Helianthus annuus berasal dari Amerika dan keluarga Aster-asteran (Asteraceae) ini merupakan tanaman tahunan (eh apa sih artinya annual plant?), pokoknya tanaman musiman yang setelah selesai berbunga, masak, kemudian modar tea.   Bunga Matahari yang subur sehat dan tumbuh di tempat layak dapat mencapai tinggi 3 meter dengan diameter bunga 30 cm. Bahkan bisa lebih.  Wah segede piring saji ya!. Untuk tumbuh baik dan benar, Bunga Matahari perlu sinar matahari yang banyak, tanah yang diairi dengan baik, subur dan lembab (kayaknya banyak tanaman emang butuh beginian kok).

Ceritanya selain saya suka banget lukisan Van Gogh yang Sunflower itu, juga lukisan Teh Mer yang airnya bekas lukisannya dia minum karena ketuker dengan cangkir teh, saya baru-baru ini menanam biji Bunga Matahari di halaman depan dan belakang rumah.  Bibit berupa biji saya dapat dari Dinda yang menanam bunga Matahari di halaman depan rumah di Ciamis yang berbunga besar-besar dan bagus sekali.  Salahnya kenapa saya sebar-sebar bijinya di antara pokok-pokok bunga mawar ya? Lah nanti kalau sudah tumbuh gede-gede, bunga mawar saya kelindes dong?  Sementara ini biji-biji Bunga Matahari itu sudah berkecambah dan mulai tumbuh nyaris sekelingking saya tingginya. (more…)

Read Full Post »

%d bloggers like this: