Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘kesehatan’ Category

Pijat di Rumah

Saya langganan dilulur dan dipijat di rumah. Dulu sih pernah beberapa kali coba pijat di spa atau di tempat pijat seperti Bersih Sehat. Tapi untuk spa, saya kurang menikmati karena harus mengeluarkan effort pergi ke luar rumah. Kalau libur kecuali liburan ke luar kota, saya senang di rumah saja, daripada harus macet dan antri. Tau kan, Bandung sekarang jadi tujuan wisata populer. Coba deh keluar di hari Sabtu Minggu ke arah Lembang. Macet.

(more…)

Read Full Post »

Belly Dance

Image

Tari perut. Apa yang Anda bayangkan kita mendengar kata Tari perut ini? Irama padang pasir yang menghentak? Liukan tubuh yang erotis? Gerakan pinggul yang memantul seperti bandul jam? Goyangan dada dan getaran tubuh yang cepat layaknya vibrator? Yah, tidak salah juga. Namun Tari perut atau Belly Dance tidak sekedar goyangan erotis, saat ini banyak pusat kebugaran yang menyertakan program Belly Dance ini sebagai salah satu cabang olah tubuh yang banyak digemari untuk kesehatan, kebugaran, dan tentu saja, membentuk tubuh elastis dan seksi.

(more…)

Read Full Post »

Vegetarian? Kenapa Engga..

ImageSudah lama sih kepikir pengen jadi vegetarian. Sudah sejak kapan tahun lah.. Sejak suatu hari waktu antar ibu kontrol di RS Advent, iseng baca-baca brosur disana. Intinya sih, bisa-bisa aja kan manusia hidup tanpa makan daging. Banyak sumber protein selain daging. Kacang-kacangan dan lainnya.

Memang sejauh ini saya belum mempraktekkan cara makan ala vegetarian, tapi kalau daging merah lumayan mengurangi sih. Soalnya anak-anak di rumah juga engga terlalu doyan makan daging sapi apalagi kambing. Lebih suka makan tahu dan tempe. Daging hewan paling ayam dan ikan.  Akhir-akhir ini makin kepikiran jadinya. Apalagi dengan alasan kesehatan, dan resiko tumor plus kanker. (more…)

Read Full Post »

Rasanya suka rada aneh kalau bilang operasi. Kalau pakai istilah operasi kok ya saya suka jadi kepikirnya macam operasi serangan atau misi apa gitu. Kayak di game perang. Padahal kan operasi itu dari terjemahan surgery atau section yah..ah sudahlah lupakan soal terminologi ini.

Ceritanya saya sekitar minggu lalu saya menemukan eh tepatnya menyadari bahwa ada benjolan mencurigakan di payudara kiri saya. Entah sudah berapa lama. Yang jelas rasanya kok tahu-tahu ukurannya sudah besar. Diraba-raba benjolan atau gumpalan aneh itu bisa jadi lebih dari 3 cm. Memang di bulan sebelumnya setiap akan menstruasi rasanya payudara kiri saya kurang nyaman dan agak mengeras. Tapi tadinya saya pikir normal karena memang biasanya sebelum menstruasi payudara memang suka serasa lebih membengkak dari biasa dan terasa kurang nyaman.

(more…)

Read Full Post »

Alarm

imagesSaya tidak suka bangun pagi. Sejak kapan ya? Sejak saya bisa mengingat.
Tapi sepertinya perlu dikoreksi sedikit. Saya tidak suka bangun pagi dengan TERPAKSA.

Saya perlu bangun pagi dengan tenang. Dengan damai. Dengan keharuman kopi yang baru diseduh dan wangi pancake yang nikmat. Hmmmm.

Atau dengan kicauan burung merdu dan sentuhan  lembut dan kecupan hangat di kening…*ngayal.

Nah itulah sebabnya saya tidak suka bunyi alarm. Tidak suka mungkin masih terlalu lembut. Saya benci alarm lebih tepat.

Bunyi alarm itu menyakitkan. Mengganggu. Dan mengubah mimpi yang tenang dan damai menjadi mimpi buruk dalam sekejap. Alarm is evil device. Dia diciptakan untuk menyiksa telinga.

Saya tidak mengerti kenapa anak saya suka bangun dengan alarm. Bunyinya macam-macam. Ada yg sangat mengganggu seperti alarm kebakaran. Ada yang berulang-ulang dengan bunyi dentang yang seperti datang dari jauh…kemudian semakin mendekat…mendekat…dan memaksa.

Yang lebih menyakitkan, dua anak saya sendiri tidak pernah bangun dengan alarm yang mereka setel. SAYA yang selalu bangun karenanya. Dan karena mereka sering tidur di kamar saya dibanding di kamar mereka sendiri. Maka hampir setengah hari-hari dalam seminggu saya akan dibangunkan dengan paksa. Dengan siksaan. Dengan alarm yang berbunyi menyakitkan.

Suatu malam saya bilang kalau saya ini, ibu yang mengandung dan melahirkan mereka, bisa bangun tanpa alarm. Saya terangkan alasan macam-macam bahwa bangun dengan cara mengagetkan itu tidak baik bagi kesehatan. Kesehatan jiwa terutama. Dan fungsi snooze adalah alat penyiksa yang diciptakan Nazi untuk teror.

Saya ajarkan untuk menyetel otak agar membangunkan kita di jam yang kita inginkan adalah..menjitak kepala sendiri sebelum tidur dengan jumlah jitakan adalah jam berapa yang kita inginkan untuk bangun.

Coba saja.

It works.

For me at least

Read Full Post »

Kegilaan Nomor Sekian

Bila Anda masuk ke sebuah lift gedung perkantoran yang cukup mentereng dan berada satu lift dengan seorang wanita berumur 30-an, cantik (ehm), kulit putih bersinar, keren (uhuk), modis, dengan gaya cuek seeenaknya, tatapan mata agak kosong, dan wajahnya dipenuhi dengan jarum yang ditusukkan disana-sini sampai nyaris seperti manusia berwajah landak, apa yang akan Anda pikirkan? Apakah Anda berpikir perempuan cantik tersebut mengalami pergeseran kejiwaan atau hanya coba-coba berlatih debus?

Kejadian sebenarnya terjadi hari ini pada jam-jam selepas istirahat siang perkantoran. Saya mengendap-ngendap masuk lift barang dari tempat parkir. Dan tentu saja saya saya akui saya rada gila, atau mungkin hanya pergeseran kejiwaan yang tidak dapat langsung masuk kategori kegilaan. Namun saya yakin dari 1 sampai 44 kegilaan menurut Andrea Hirata, memasuki lift di siang bolong dengan wajah penuh jarum mungkin dapat digolongkan pada kasus kegilaan tertentu. (more…)

Read Full Post »

yang arti tepatnya entahlah.  Tadinya mau terjemahin dari wiki. Tapi siang ini rupanya saya lagi lemot banget.  Lagipula saya kan bukan dokter.  Salah-salah saya nanti menulis definisi yang menyimpang.  Sebetulnya sih saya mencari istilah yang lebih pas dari radang sendi rahang. Dan sebetulnya waktu kemarin ke dokter sudah diberi tahu. Tapi karena daya tangkap saya agak sedikit lemah untuk kata-kata aneh, apalagi jam telah menunjukkan hampir tengah malam pada saat saya di ruang periksa. Ya wajarlah kalau saya tidak dapat mengingat lagi apa yang dikatakan oleh dokter tersebut.  Kalau dari simptomnya cocok dengan yang disebutkan di wikipedia, yaitu temporo mandibular joint disorder. Sounds keren yah?.

Ceritanya bulan Pebruari lalu, saya merasakan sakit yang tidak jelas di sambungan otot atau sendi yang ada dibawah telinga tapi rasanya lebih di dalam dan sulit diraba. Merembet-rembet sampai sakit pada gigi geraham belakang. Dan rahang saya sulit dibuka. Hese calangap kalau bahasa Sunda mah.  Tapi setelah itu walaupun sakitnya tidak hilang-hilang, saya cuekin aja.  Sempat ke dokter gigi, karena cemas gigi geraham saya yang bermasalah. Tapi dokter giginya bilang semua baik-baik saja. Dan dia malah asyik bersihin karang gigi saya. Dokter gigi saya ini punya kebiasaan senang sekali bersihin karang gigi rupanya. Persis ikan apaan tuh yang bersimbiosis mutualisma dengan ikan hiu. Kerjaannya bersih-bersih gigi.  Dia sih menyarankan buat difoto panoramix.  Yang kemudian memang saya laksanakan tapi hasilnya saya simpan terus di laci mobil. (more…)

Read Full Post »

%d bloggers like this: