Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘herbs’ Category

Menanam Herbs untuk Teh Herbal

Nah lho..menarik kan. Penggemar teh pasti tahu kalau teh Twinning atau Dilmah, macam-macam teh premium lainnya sering memberikan varian rasa. Misalnya mint. Atau sereh alias lemongrass. Dan lainnya.

Alangkah senangnya kalau kita punya kebun dimana kita bisa membuat teh sendiri. Bayangkan hari panas terik yang membuat leher tercekik dan haus tenggorokan, kita lalu meminum teh dingin dengan sebatang daun mint tercelup di dalamnya, pake es pula. Segar. Bisa juga saat malam-malam letih sepulang kerja, teh infusion dengan chamomile alangkah menenangkan.

Tapi gimana cara kita punya kebun teh herbal? Ya tanam dong.

Kebanyakan tanaman herbs untuk teh ini senang berada di bawah sinar matahari intensitas sedang.  Lalu untuk beberapa tanaman herbs, ada yang tumbuhnya invasif sekali. Misalnya mint. Bisa-bisa satu halaman penuh dengan mint karena akar rimpangnya yang menjalar kemana-mana. Untuk membatasi tumbuhnya yang liar ini, tanamlah mint dalam container, baru benamkan ke tanah.

Lalu tanaman herbs apa saja untuk seduhan teh?

mint. mint dikenal karena keharuman dan kesegarannya. mint juga dipakai sebagai campuran obat, dan berbagai bahan kosmetik. mint sangat mudah tumbuh.

chamomile. untuk campuran teh yang digunakan adalah bunganya. keringkan bunga chamomile dengan diangin-angin, lalu simpan dalam wadah tertutup.chamomile

catnip. kucing menyukai catnip. Bila diberikan pada kucing efeknya akan membuat kucing gembira, berguling-guling, atau bertingkah aneh. tapi sebagai seduhan teh, efek catnip adalah memberikan relaksasi dan menenangkan.

Lemonbalm. tanaman yang sekeluarga dengan mint tapi memberikan keharuman layaknya lemon. sangat segar dijadikan minuman

Read Full Post »

Leek oLagi iseng baca-baca soal bawang daun atau daun bawang, bolak-balik juga sama saja sih, jadi keterusan baca soal Leek. Awalnya karena saya punya benih Leek jenis D’hiver St Victor warna ungu. Heran dengan namanya yang seperti ksatria dari Perancis membuat saya membaca-baca soal Leek alias Allium Porrum dalam nama Latin.

Leek walaupun mirip Bawang Daun yang kita kenal memiliki aroma dan rasa yang lebih lembut dari bawang. Tumbuhnya sih lebih besar dari bawang daun, tinggi pula. Bentuknya sih mirip banget dengan daunnya yang memanjang runcing dan tampak seperti berlapis lilin.

(more…)

Read Full Post »

Bangku di Kebun Herbs

Tiap saya bercokol di kebun kecil saya di atap rumah, setiap kali itu pula saya jadi ingin punya bangku.

Pegeeel, kalau udah berjam-jam di kebun.

Apalagi kalau pakai acara mindah-mindahin pot, atau nanam-nanam ini itu.

Berhubung kebun saya di lantai 3 atap rumah, setiap kali ada yang ketinggalan di bawah, entah bibit atau lainnya, belum lagi tanah kompos, bisa bikin saya naik turun kesana berkali-kali.  Sampai gempor.

Nyari-nyari bangku taman yang cocok di Ace Hardware kok mahal bener ya. Kursi satu biji dan meja kecil satu emprit, harganya hampir 2 juta. Belum lagi kalau yang model rada panjang, alias bench gitu. Ada juga yang mirip jalinan rotan tapi dari bahan plastik harganya fantastis. Di atas 5 juta kalau engga salah.

Karena dekat kantor saya banyak pedagang pinggir jalan yang jualan kursi rotan, akhirnya saya beli kursi rotan aja deh. Harganya cuma beberapa ratus ribu. Nah kan jauh benar sama yang di toko tadi.

Lagian cantik juga kursi rotan dengan warna alami ini di antara kebun herbs. Walau teman saya lebih menyarankan warna putih aja. Lah gimana, dari sananya warnanya gini? Dicat aja katanya.

Bagaimana? Apa sebaiknya kursi ini dicat saja? Cantik kan ada kursi di antara pohon Basil, Rosemary, Artichoke, Thyme dan Oregano ini? Ada yang mau ikutan sama saya?

Camera 360

Read Full Post »

%d bloggers like this: