Feeds:
Posts
Comments

Archive for the ‘Berkebun’ Category

Cock A Leekie Soup

Image

edenbrothers.com

Hari hujan dan saya sedang menunggu anak-anak pulang sekolah. Kebetulan hari ini saya tidak ke kantor (yippiee!). Enaknya masak apa ya. Sehubungan kemarin saya telah menulis tentang Burns Night atau Burns Supper, dimana hidangan utamanya selain Haggis Neeps and Tatties, dihidangkan juga Cock A Leekie, sup ayam ala Scotland, saya jadi kepikiran. (more…)

Read Full Post »

Leek oLagi iseng baca-baca soal bawang daun atau daun bawang, bolak-balik juga sama saja sih, jadi keterusan baca soal Leek. Awalnya karena saya punya benih Leek jenis D’hiver St Victor warna ungu. Heran dengan namanya yang seperti ksatria dari Perancis membuat saya membaca-baca soal Leek alias Allium Porrum dalam nama Latin.

Leek walaupun mirip Bawang Daun yang kita kenal memiliki aroma dan rasa yang lebih lembut dari bawang. Tumbuhnya sih lebih besar dari bawang daun, tinggi pula. Bentuknya sih mirip banget dengan daunnya yang memanjang runcing dan tampak seperti berlapis lilin.

(more…)

Read Full Post »

Bangku di Kebun Herbs

Tiap saya bercokol di kebun kecil saya di atap rumah, setiap kali itu pula saya jadi ingin punya bangku.

Pegeeel, kalau udah berjam-jam di kebun.

Apalagi kalau pakai acara mindah-mindahin pot, atau nanam-nanam ini itu.

Berhubung kebun saya di lantai 3 atap rumah, setiap kali ada yang ketinggalan di bawah, entah bibit atau lainnya, belum lagi tanah kompos, bisa bikin saya naik turun kesana berkali-kali.  Sampai gempor.

Nyari-nyari bangku taman yang cocok di Ace Hardware kok mahal bener ya. Kursi satu biji dan meja kecil satu emprit, harganya hampir 2 juta. Belum lagi kalau yang model rada panjang, alias bench gitu. Ada juga yang mirip jalinan rotan tapi dari bahan plastik harganya fantastis. Di atas 5 juta kalau engga salah.

Karena dekat kantor saya banyak pedagang pinggir jalan yang jualan kursi rotan, akhirnya saya beli kursi rotan aja deh. Harganya cuma beberapa ratus ribu. Nah kan jauh benar sama yang di toko tadi.

Lagian cantik juga kursi rotan dengan warna alami ini di antara kebun herbs. Walau teman saya lebih menyarankan warna putih aja. Lah gimana, dari sananya warnanya gini? Dicat aja katanya.

Bagaimana? Apa sebaiknya kursi ini dicat saja? Cantik kan ada kursi di antara pohon Basil, Rosemary, Artichoke, Thyme dan Oregano ini? Ada yang mau ikutan sama saya?

Camera 360

Read Full Post »

Kursi Rotan Buat Taman

Berhubung atap rumah saya udah penuh banget sama yang namanya herbs, jadilah cita-cita saya tadinya yang ingin bikin gazebo dengan balai-balai yang permai dari kayu kandas sudah. Ya iyalah, udah penuh sama tanaman. Mau pasang gazebo sebelah mana lagi.

Bolak-balik ngeliat website remodelista, terrain dan hdtv, saya jadi terinspirasi banget pengen punya bangku kayu di antara tanaman herbs saya. Udah kebayang aja kalau saya engga ngantor, bakal seharian betah disitu. Baca buku, maen catur di android (di level 6 sekarang dan ga bisa menang, huh), atau mengembangkan hobi saya dengan lebih intensif, yaitu tidur.

Kira-kira modelnya begini lah,  nah kebetulan dekat kantor ada toko-toko pinggir jalan yang jual macam-macam perabot dari rotan. Saya ngiler banget liat cover pot dan peti-peti cakep dari rotan. Maaakkkk….tolong aku! Gajian masih lama euy.

Nah pas tadi sore saya mau ambil tuh kursi, ternyata ga muat lah di mobil saya. Ya iya sih, udah keliatan itu mah.  Kecuali mau diikat di atas mobil kayak Mr Bean. Eh ini harganya di website dibandrol sekitar 349 Poundsterling. Ajegile, disini mah 500 rebu dapet. Untung ya idup di Indonesia. Walau susah naek kendaraan umum yang aman nyaman dan murah (yang ada malah mau keluar mobil LCGC yang bakal bikin macet), seengganya kursi rotan mah ga semahal di Inggris.

 

Read Full Post »

Ada yang ingin ikut saya membuat kebun herbs di atap rumah? Sekarang udah ga jaman lagi banyakin tanaman hias belaka di rumah. Coba juga dong tanaman yang berguna untuk di dapur dan obat.

Belum lagi herbs itu wangiiiii ga nahan. Bisa mengusir nyamuk dan serangga jelek lainnya. Ada Basil, Mint, Rosemary, Summer Savory dan Lavender yang nyamuk dan lalat benci. Iiiih…saya juga benci kalian.

Untuk yang berminat memiliki bibit herbs bisa kontak saya di 08112225222. Bibit herbsnya ada banyak jenis. Lumayan lah cukup kalau ingin punya aneka herbs di rumah. Ada Oregano, Thyme, sage, aneka Basil dan banyak deh. Jangan ngaku jago masak dan go green kalau belum menanam sendiri herba di rumah.

image

image

image

Read Full Post »

Pretty Garden in Modern Town House

Saya selalu ingin taman kecil di belakang rumah. Rumah saya kecil dengan halaman belakang yang sempit. Hari ini saya melihat di remodelista.com taman kecil cantik untuk solusi berhalaman sempit di perkotaan. Cantik ya?

 

Read Full Post »

Ingin memiliki tanaman hias di lahan sempit? Coba mengakalinya dengan menanamnya di dinding. Vertical Garden istilahnya. Yang saya lakukan sekarang sih menemploki dinding depan di halaman rumah dengan pakis dan menempelinya dengan anggrek. Sebenarnya sih cita-cita saya dalam membuat vertical garden seperti gambar di bawah ini, tapi belum kesampaian. Dibawah ini adalah panel vertical garden dengan tanaman jenis sukulen. Cantik ya?

source: http://floragrubb.com/idx/index.php

Read Full Post »

“where wild thyme blows, / Where oxlips and the nodding violet grows, / Quite over-canopied with luscious woodbine, / With sweet musk-roses, and with eglantine”

Namun bermanfaat untuk melihat peri atau tidak, thyme adalah bumbu khas masakan di berbagai negara seperti negara-negara Arab, Perancis, Turki, Spanyol, Perancis, untuk berbagai jenis masakan terutama daging. Thyme memperkuat rasa pada sup dan kaldu. Thyme sendiri dikenal sejak jaman Yunani kuno, sebagai alat mandi dan membakarnya sebagai dupa di kuil-kuil untuk membangkitkan keberanian. Bangsa Mesir pada jaman dahulu menggunakannya pula sebagai salah satu tumbuhan dalam proses mumifikasi.

Oregano

Oregano adalah tanaman bumbu Mediterania dan Asia Tengah. Pencinta masakan Italia wajib memiliki bumbu ini dalam keadaan segar. Kami memiliki jenis oregano: Oregano True Greek (oreganum heracleoticum), sangat wangi dan harum berorama dan sangat spicy (tajam) atau sering disebut juga Oreganum Vulgare yang selalu harus ada untuk setiap masakan Italia. Jenis Oregano ini adalah yang paling harum dibanding semua jenis oregano. Enak untuk campuran telur, daging, sayuran, dan tentu saja masakan Italia dan saus! Kombinasi dengan thyme, bawang putih, parsley, dan olive oil akan menciptakan dressing sauce yang sangat enak dan segar.

Cara menanam oregano: siapkan tanah kompos dan pupuk organik dalam pot atau kontainer. Tempatkan benih oregano dengan hati-hati, bibit oregano sangat kecil dan halus, benamkan dengan ujung jari sedikit, dapat menggunakan cocopeat (serbuk batok kelapa) untuk pembibitan. Setelah 5-10 hari kecambah oregano akan muncul. siram dengan semprotan dengan butiran air yang sangat halus agar bibit oregano tidak patah, tempatkan di tempat yang sejuk dengan sinar matahari pagi yang banyak.

 

BASIL
kami memiliki berbagai jenis benih Basil. Genovese Basil berdaun lebar dan berasa manis, dan paling umum dipakai oleh koki dan dipakai untuk bumbu saus atau pesto Italia. Cinnamon Basil, basil yang berasa kayu manis, biasa dibuat minuman dengan dicampur dengan kayu manis, menghasilkan minuman segar berasa basil dan kayu manis (pastinya hehehe). Lalu ada Italian Large Basil. Basil Italia berdaun gede. Enak untuk bumbu masakan Italia. Basil Minette (Basil Mini/Greek Yevani), aromanya sangat tajam. Mirip kemangi atau surawung. Tanam Basil diantara tanaman sayuran maka Basil akan menjadi pengusir serangga pengganggu. Tapi siput sangat suka makan basil kecil, jadi hindarkan dari mahluk moluska tersebut yang sering aktif pada malam hari.

Cara menanam: Menanam Basil sangat mudah dan cepat tumbuh, tempatkan di tanah kompos dan gembur beri air secukupnya, beberapa hari kemudian biji Basil akan mengembang seperti minuman biji selasih. Setelah itu Basil akan berkecambah dan cepat tumbuh bila ditempatkan di sinar matahari yang hangat.

Rosemary
Selain dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk, rosemary wajib dimiliki untuk pencinta masakan Italia dan Eropa. Rosemary cocok untuk berbagai masakan, sebagai bumbu ayam dan daging panggang, sebagai taburan untuk kentang panggang, asparagus dan macam-macam sayuran yang ditumis ataupun dipanggang lainnya.

Untuk benih tanaman herbs bisa dipesan di 08112225222 via sms atau whatsapp, atau klik di Rafina Green.

Read Full Post »

Bandung (kan katanya) Kota Kembang

Kegiatan saya kalau tidak jalan-jalan dan makan bersama teman-teman, dan bekerja membanting tulang, dan main dengan dua anak tengil di rumah, ya kadang-kadang berkebun. Seperti hari ini. Dengan berbekal linggis hasil pinjaman dari rumah ortu saya, dan cangkul dari tukang sampah kompleks perumahan saya, bangun pagi langsung usak-usek di halaman depan gali-gali tanah. Berhubung halaman depan saya ternyata banyak pipa-pipa yang kacau balau hasil kerja developer yang amburadul serta kondisi tanah dengan buangan berangkal yang tidak dirapikan kembali, akhirnya Bapak saya batal menanam pohon duren depan rumah saya (yang sebenarnya saya bersyukur karenanya. Duren, oh no, makannya sih oke, kalau ketimpa buahnya mah haturnuhun nu dihatur sahaja). Untuk itu saya menanam bunga mawar, alias kembang eros nu matak lucu tea. Nih ada pupuh Kinanti tentang bunga mawar:
rosebud
KINANTI
Kembang ros ku matak lucu
nya alus rupa nya seungit
henteu aya papadana
ratuning kembang sajati
papaes di patamanan
seungit manis ngadalingding

(more…)

Read Full Post »

%d bloggers like this: