Delta Bagi Belanda, Dari Dam Sampai Kotoran Ayam

Delta dalam sistem alfabet Yunani adalah nama dari  huruf keempat sistem tersebut. Delta (dalam huruf besar adalah  Δ, untuk huruf kecil δ; dibunyikan dengan Δέλτα  dibaca Délta). Dalam matematika dan science,  Delta berarti lambang untuk “perbedaan” atau “perubahan”.  Ternyata Delta pun menjadi simbol seorang penemu dan arsitek dalam mitologi Yunani bernama Daedalus.

windmill-holland

http:www.holland.com

Di Belanda, Delta juga ternyata mewakili semangat pionir dan kreativitas bangsa Belanda. Mari kita simak mengapa. Sudah tahu kan kalau Belanda tidak pernah tahan untuk hanya berdiam dan pasrah terhadap kesulitan yang dihadapi? Mereka selalu mencari solusi dan menjadi pionir untuk penemuan demi hidup yang lebih baik dan  pencari solusi kreatif dalam mengatasi masalah. Nah, Delta ini berarti semangat untuk “berbeda dan berubah”,  dan diterapkan dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Pendidikan Belanda  memang mendorong ide-ide kreatif dan inovatif, sehingga mampu memikirkan solusi dan metodologi yang non-konvensional, untuk menjadi yang terdepan. Tidak mengherankan jika Belanda memiliki banyak tokoh pionir di berbagai bidang.

Maeslantkering-Rotterdam-The-Netherlands

Maeslantkering-Rotterdam-The-Netherlands. Delta Works, picture from: http://en.wikipedia.org/wiki/Delta_Works

Belanda lebih rendah dari laut, mereka selalu mencari solusi dan alternatif untuk menjaga kaki mereka tetap kering, bahkan mereklamasi daratan, agar dapat menyediakan lahan bagi pertumbuhan penduduknya. Delta Works dibangun dengan rencana pembuatan selama 30 tahun, membendung delta atau muara-muara di Belanda, sehingga banjir dan kenaikan air laut dapat dihindari oleh adanya dam tersebut.  Belanda dikenal sebagai ahlinya dalam menangani air, sehingga menjadi konsultan untuk pembangunan dam dan bendungan di berbagai belahan dunia.

Belanda pun menjadi pionir dalam manajemen kotoran ternak.  Sebagai negara penghasil produksi peternakan nomor dua di dunia, faktanya Belanda yang berpenduduk sekitar 15 juta orang ini, tinggal di  negara kecil dengan luas daerah 41,526 km2  dan  penduduk  berbagi tanah dengan 4,7 juta sapi, 13,4 juta babi, 44 juta ayam petelur, ayam pedaging 41 juta, dan 1,7 juta domba.

Limbah kotoran ternak menjadi masalah karena ternak menghasilkan kotoran 3 sampai 4 kali dari yang dibutuhkan untuk pertanian. Limbah ini pun selain mengotori lingkungan juga berpotensi mencemari air sungai. Namun berangkat dari semangat pionir, Belanda mendapati solusi  untuk masalah tersebut. Sejak tahun 1980 pemerintah Belanda menetapkan aturan ketat dalam penanganan kotoran ternak ini. Ada penghargaan bagi inovasi dalam penanganan kotoran ternak, dan juga ada hukuman bagi yang lalai.

Bahkan ada  “Dewan Pupuk Kotoran Ternak” yang didirikan untuk mengatur arus distribusi pupuk kandang, dan membantu menemukan pengguna pupuk baru. Dewan ini juga melakukan penelitian, membantu  pengolahan pupuk kandang dan menetapkan pabrik pengolahan.

Tak hanya dijadikan pupuk  bentuk pelet yang diekspor ke luar negeri,  Belanda tidak berhenti sampai disitu dalam hal inovasi,  mereka pun membuat pembangkit tenaga listrik dari kotoran ayam!.

Delta NV di kota Moerdijk  membangun pembangkit listrik dengan tenaga kotoran unggas terbesar di dunia. Fasilitas  ini diharapkan dapat mengkonversi 440.000 metrik ton (490.000 ton) dari kotoran unggas menjadi lebih dari 207 juta kilowatt-jam listrik setiap tahun,  dan dapat menyerap sekitar sepertiga dari  ‘kelebihan stok pupuk’. Dengan kemampuan fasilitas tersebut maka akan mampu menghasilkan listrik yang cukup untuk sekitar 90.000 rumah per tahun.

Delta tak hanya berarti mega konstruksi  pembangunan bendungan dan penahan badai yang luar biasa, Delta juga pembangkit listrik dari sesuatu yang tadinya hanya berupa limbah. Delta yang  menjadi rumus matematika untuk perubahan ini benar-benar menjadi lambang semangat dan kesuksesan bagi kepioniran Belanda di berbagai bidang ilmu dan terobosan bagi masa depan dunia yang lebih baik lagi. 

Sumber bacaan

http://www.bayjournal.com/article/netherlands_a_pioneer_in_manure_management_

http://inhabitat.com/dutch-harvest-chicken-manure-to-power-90000-homes/

http://biomassmagazine.com/articles/2132/poultry-litter-fuels-new-dutch-power-plant

http://en.wikipedia.org/wiki/Delta_(letter)

http://news.mongabay.com/bioenergy/2008/09/worlds-largest-biomass-plant-running-on.html

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s