Mari Bercocok Tanam: Thyme, Oregano, Basil, Rosemary dan Tanaman Bumbu lainnya

Ingin melihat peri? Tanamlah thyme. Thyme terdiri dari  ratusan jenis. Yang paling umum digunakan adalah Thymus Vulgaris. Pada abad 17 dipercaya bahwa kombinasi thyme dengan beberapa tumbuhan lain akan mampu membuat manusia melihat peri yang sedianya adalah kasat mata bagi manusia biasa. Peri dipercaya senang tinggal di sekitar semak Thyme. Dalam buku A Midsummer Night’s Dream karya William Shakespeare, tersebutlah Oberon sang Raja Peri dan Titania peri yang cantik, yang tempat tidurnya adalah terbuat dari semak thyme.

“where wild thyme blows, / Where oxlips and the nodding violet grows, / Quite over-canopied with luscious woodbine, / With sweet musk-roses, and with eglantine”

Namun bermanfaat untuk melihat peri atau tidak, thyme adalah bumbu khas masakan di berbagai negara seperti negara-negara Arab, Perancis, Turki, Spanyol, Perancis, untuk berbagai jenis masakan terutama daging. Thyme memperkuat rasa pada sup dan kaldu. Thyme sendiri dikenal sejak jaman Yunani kuno, sebagai alat mandi dan membakarnya sebagai dupa di kuil-kuil untuk membangkitkan keberanian. Bangsa Mesir pada jaman dahulu menggunakannya pula sebagai salah satu tumbuhan dalam proses mumifikasi.

Oregano

Oregano adalah tanaman bumbu Mediterania dan Asia Tengah. Pencinta masakan Italia wajib memiliki bumbu ini dalam keadaan segar. Kami memiliki jenis oregano: Oregano True Greek (oreganum heracleoticum), sangat wangi dan harum berorama dan sangat spicy (tajam) atau sering disebut juga Oreganum Vulgare yang selalu harus ada untuk setiap masakan Italia. Jenis Oregano ini adalah yang paling harum dibanding semua jenis oregano. Enak untuk campuran telur, daging, sayuran, dan tentu saja masakan Italia dan saus! Kombinasi dengan thyme, bawang putih, parsley, dan olive oil akan menciptakan dressing sauce yang sangat enak dan segar.

Cara menanam oregano: siapkan tanah kompos dan pupuk organik dalam pot atau kontainer. Tempatkan benih oregano dengan hati-hati, bibit oregano sangat kecil dan halus, benamkan dengan ujung jari sedikit, dapat menggunakan cocopeat (serbuk batok kelapa) untuk pembibitan. Setelah 5-10 hari kecambah oregano akan muncul. siram dengan semprotan dengan butiran air yang sangat halus agar bibit oregano tidak patah, tempatkan di tempat yang sejuk dengan sinar matahari pagi yang banyak.

 

BASIL
kami memiliki berbagai jenis benih Basil. Genovese Basil berdaun lebar dan berasa manis, dan paling umum dipakai oleh koki dan dipakai untuk bumbu saus atau pesto Italia. Cinnamon Basil, basil yang berasa kayu manis, biasa dibuat minuman dengan dicampur dengan kayu manis, menghasilkan minuman segar berasa basil dan kayu manis (pastinya hehehe). Lalu ada Italian Large Basil. Basil Italia berdaun gede. Enak untuk bumbu masakan Italia. Basil Minette (Basil Mini/Greek Yevani), aromanya sangat tajam. Mirip kemangi atau surawung. Tanam Basil diantara tanaman sayuran maka Basil akan menjadi pengusir serangga pengganggu. Tapi siput sangat suka makan basil kecil, jadi hindarkan dari mahluk moluska tersebut yang sering aktif pada malam hari.

Cara menanam: Menanam Basil sangat mudah dan cepat tumbuh, tempatkan di tanah kompos dan gembur beri air secukupnya, beberapa hari kemudian biji Basil akan mengembang seperti minuman biji selasih. Setelah itu Basil akan berkecambah dan cepat tumbuh bila ditempatkan di sinar matahari yang hangat.

 

Rosemary
Selain dikenal sebagai tanaman pengusir nyamuk, rosemary wajib dimiliki untuk pencinta masakan Italia dan Eropa. Rosemary cocok untuk berbagai masakan, sebagai bumbu ayam dan daging panggang, sebagai taburan untuk kentang panggang, asparagus dan macam-macam sayuran yang ditumis ataupun dipanggang lainnya.

 

About these ads

34 thoughts on “Mari Bercocok Tanam: Thyme, Oregano, Basil, Rosemary dan Tanaman Bumbu lainnya

  1. Dear Mira,

    aq tertarik ama tanaman yang kamu tanam…apa skrg masih nanam basil thyme oregano dll?
    jual item2 tersebut ga?
    or jual bibitnya?

    regards,
    yulia

  2. Dear mira.,

    Saya kebetulan ada sedikit lahan kosong di rumah , dan saya suka masak masakan mediterania, aku pengin menanam oregano, basil, thyme, dan sejenisnya , karena saya lebih suka pake yan fresh daripada yang kering, apa lagi tingalku jauh dari pusat kota, senang asanya kalau bisa metik dari kebun sendiri, tapi saya tidak tau dimana mau beli bibitnya, maksud saya bukat bijinya tapi tanamannya. kalau bisa bantu tolong dong bagi tahu dimana bisa membelinya, dan saya akan terimakasih sekali kalau Mira bisa tahu dimana saya bisa temukan LUIZA sejenis tanaman teh yang baunya khas bengaet berasal dari yunani, ..

    Regard
    arleika

  3. mau beli dong n diajarin cara nanemnya…
    karena ak seneng bgt masak..apalagi masakan italia..
    gmn cara pesennya ak tgl di jak-sel. Thanks..

  4. Dear Mira, kebetulan di rumah ku juga saya coba tanam Basil dan hasilnya cepet sekali tumbuh, sekarang udah tinggi sekitar 10 – 15 cm. sesuai dengan saran Mira saya juga taro di tempat yang cukup hangat kena matahari pagi , tapi ada masalah saya perhatikan daun basilku kok suka kering ya. ada beberapa daun yang mengering kecoklatan dan ini terjadi dengan bebrapa batang daun. padahal saya rutin menyiramnya pagi dan sore, just info panas matahari hanya pagi saja krn sy taro di balkon rumah ,so pasti tidak kena hujan .trims ya

  5. Hi Mba Mira,

    Saya tertarik beli bibit herbs-nya,kebetulan saya jg tinggal di bandung..kl mau lihat langsung ke tempat mba bisa ngga? lembangnya sebelah mana mba?

    Livia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s