Tidak ada kata terlambat (untuk les Biola)

Sewaktu saya masih duduk dan menjilati bangku SMP, saya pernah berlibur selama satu minggu di Bogor di rumah Nenek (dan Kakek) sahabat saya, Mbak Iko. Kenapa manggil Mbak, ya entahlah. Padahal seumur. Nah terus bukan main kagumnya saya pada Neneknya Mbak Iko. Entahlah sang Nenek ini dulu sekolah apa, yang jelas sekolah Belanda kali ya. Beliau mahir berbahasa Jepang dan menulis huruf kanji (sempat melihatnya menulis surat pada temannya), berbahasa Kumpeni, Sunda, Jawa, bahasa Indonesia ya jelas lah. Juga pandai, bahkan sangat piawai memasak, pandai main gitar, dan dia juga pelukis! Saat itu bahkan Sang nenek sedang ikut les piano bareng dengan cucunya yang lain berumur 7 tahun.

Sang Kakek sendiri adalah pensiunan Ahli Peneliti di Pusat Pengambangan dan Penelitian Tanaman Pangan, pada saat saya berlibur disana itu sedang sibuk dengan pembuatan susu kedelai (dulu belum musim lho), dan saya dengan senang hati menjadi pencicip setiap pagi susu kedelai yang Kakek buat. Dia senang karena Mbak Iko sih engga pernah mau coba minum. O ya puteri-puteri mereka 3 orang, termasuk ibu Mba Iko, mewarisi bakat-bakat Sang Nenek. Tapi parsial. Ada yang pintar masak saja, ada yang musik saja, dan ada yang senang menggambar.

Saya kalau tidak salah ingat, pernah tanya sama Nenek. Kok bisa ya banyak bisa seperti itu. Dan kalau tidak salah ingat juga, Nenek bilang karena niat. Selain mungkin (kata saya dalam hati) emang berbakat kali Nek. Berbakat untuk niat maksudnya. Saya sendiri sedihnya sering merasa tidak punya bakat walaupun punya segudang minat. Belajar main gitar sampai lecet, ya segitu-gitu aja. Lumayan bisa mengiringi suara sumbang saya, karena sama-sama sumbang. Saya senang menggambar, walau waktu SMA pernah ikut mewakili sekolah untuk lomba menggambar, tapi yah begitu aja deh hasilnya. Masih jauh banget dari karya Van Gogh, dan jauhnya sejauh jarak ke Alpha Centauri. Baca puisi, ya lumayanlah dapat piagam, walau engga pernah menang. Main bulutangkis keseleo, main pingpong kalah melulu. Nah kalo lomba balap karung, tangkap belut, makan kerupuk sih, anehnya suka lumayan berprestasi.

Saya curiga mungkin apa-apa yang saya lakukan itu faktor gagal dan kurang suksesnya berawal dari masalah kurangnya dosis dalam niat. Eh mungkin engga cuma niat, tapi usahanya, dan juga keterfokusannya pada niat tadi. Seperti misalnya dulu ikutan Taekwondo, berhubung niatnya karena pingin ngurusin badan (dan gagal total karena tukang nasi goreng yang enak banget di tempat latihan) dan karena sabumnya, namanya Iing Chandra, cakep banget. Gak kalah dari F4 lah. Sekalinya sparing dan kena tendang telak di hidung, saya menangis. Entah karena sakit, entah karena ditertawakan, entah karena kaki yang nendang baunya bukan main. Dan begitulah, jadinya engga jadi gimana-gimana. Cuma dapat babak belur saja tiap ujian kenaikan tingkat.

Juga dalam hal karir, yang bisa dibilang begini-begini saja. Teman saya waktu hahahihi jaman Basic Training dan Outbond dulu, yang sekarang sudah jadi pejabat (dan sedikit banyak agak menjadi gendut, oke oke gendut banget..hihihi) pernah bilang ” Kamu ini engga fokus sih..”

Semoga belum terlambat untuk mereformasi niat ini. Sehingga niat mulia saya sejak jaman kecil dulu, yaitu menyaingi Vanessa Mae, bisa terlaksana. Semoga.

UPDATE INFO

Bagi warga Bandung yang ingin les privat biola, gitar klasik atau piano, bisa menghubungi Pak Hari di nomor telepon 08122175404.

About these ads

126 comments

  1. Salah satu mental barrier soal niat adalah karena kita sadar modal dasar kita nggak akan mencapai sesuatu yang kita inginkan terhadap contoh yang ada. Misal seperti di atas, menyaingi Vanessa Mae, sadar nggak sadar itu sulit, bukan berarti gak mungkin, tapi sedikit kesadaran bahwa hal itu sulit tercapai pasti ada, yang sering mempengaruhi niat kita menjadi malas atau gak sepenuh hati.

    Oh ya, penggesek biola itu dari buntut kuda. Nggak punya alergi terhadap buntut kuda kan?

  2. umur itu bukan halangan untuk maju… kapanpun dan dimanapun asal kita mau doing sumthing itu ga masalah.. malah kayaknya patut diacungi jempol, coz masih punya keinginan untuk maju … :D

  3. aku aja (24 Thn) sedang belajar mengenal dan bermain biola.
    pokoknya gak ada kata terlambat untuk mencintai dan mengenal biola dan memainkannya.
    selamat berjuang

  4. duh gw pengen bgt bisa piano.
    tapi yg disayangin gw lom punya pianonya
    bisa gak ya klo w gak punya piano tapi bisa main piano???

    klo less yg enak dimanaa ya???
    tapi pengen yg pianonya udah tersedia di tmpt les??

  5. wah, makasi infonya mba. saya jg diumur 23thn ini ada keinginan belajar alat musik biola n piano untuk musik klasik. semata-mata bukan hanya ingin bisa aja. dan juga tidak berpikir u/ menjadi pemain biola pd suatu orkestra. akan tetapi sebagai kesenangan dan pelepas lelah. karena saya menyukai musik2 klasik karya beethoven n mozart. dan jg klo suatu saat anak saya ingin blajar, saya ga usagh susagh2 manggil guru les ;))

  6. ada yg kenal dengan bapak mustofa?
    dia dijuluk dewa biola dari bogor. dia membuat biola dirumahnya, harganya mulai dari 300rb sampai jutaan, tergantung pesanan dan pemesan biolanya sudah sampai ke mancanegara.
    dirumahnya, di hulu kali ciliwung kelurahan kedung badak bogor kota, dia membuka les privat biola gratis!!! siapapun yang mau nyantri biola silahkan datang…
    dijamin biolanya gak kalah ma Yamaha.
    hihi…

  7. aku tuch pengen banget bisa main biola .
    tapi sebelum memulai khursus Biola , aku pengen baca – baca bukunya dulu , supaya aku nggak buta banget .
    sama halnya waktu aku pertama kali tertarik dengan Orgen / keyboard dan Gitar … aku harus baca buku panduannya dulu … jadi ada semangatnya gitu. tapi dimana yach aku bisa dapatkan buku panduan belajar bermain biola … Indie – Jakarta

  8. Gw tertarik bgt untuk bisa jago bermain biola sejak melihat pengamen dijalan yang mainin biola dgn kegilaanya….Dan kegilaan itu enak bgt didengernya…
    mmm….tmn2 ada yg taw gak tmpt les biola yang bagus dan gak terlal mahal di Bdg…
    thank u bgt untuk informasinya…

  9. saia cewek berumur 17 tahun saia pengen bngt bisa ngeles biola tapi apa saia ga terlambat yah untuk belajar biola???? di umur saia yang 17 tahun ini

  10. hai… gw mau nanya ni…gw kmaren baru beli biola.. ya cuma yg buat pemula aja sih…umur gw 14..gw tuh tertarik banget sama biola..gw pingin belajar biola…tp gw bingung tmpat les na yang bagus di mana yah…????ada yg tau????

  11. Tmpat les yg mnurut gw bgus y purwacaraka, tp gw saranin jgn blajar biola sndiri, krn akan ngefek bgt dimsa dpan, wah gw saranin qlu bli biola jgn smbrangan, bli tuh yg biolana dr maple wood atas bwah, dlapisin sm pear wood jg, psti ngfekny bgus klo srius. En blajar biola jgn cma dtmpat les. Min. 2jam shari. Dgn bimbingan tntunya.

  12. kLo gW sCH p9n biSa bioLa kaYa hAyLie..wUiiih dia jAgo b9d,,sCara gt 1st violin di BOND!!=)

    oiaa,,uTk pEmuLa yG br bLjr ky gW GPP kAn pK bioLa yG biaSa duLu??

    c0z sYg kaN bioLa’y ba9uS tP blm biSa!!hE

  13. kLo gW sCH p9n biSa bioLa kaYa hAyLie..wUiiih dia jAgo b9d,,sCara gt 1st violin di BOND!!=)

    oiaa,,uTk pEmuLa yG br bLjr ky gW GPP kAn pK bioLa yG biaSa duLu??

    c0z sYg kaN bioLa’y ba9uS tP blm biSa!!hE

    eh,,add FS gw iaa..
    giageetoh@yahoo.com

    (^_^)

  14. Kl ad yg mau cr guru biola buat di bandung ada nih.. tlpny 081910502440 / (022)92646433. Bagus kok.. oiy, namanya Ivan. bs dtg k rmh jg

  15. jadi ga ada kata terlambat buat belajar main biola? aku 14 tahun dan baru mau belajar biola. keluarga aku bilang udah terlambat banget kalau mau jago dalam 2-3 tahun? apa bener udah terlambat? jawab ya, thanks!

  16. Ada les Biola,Vokal,dan alat musik lainnya. murah di jogja.. Biaya bukan per bulan tetapi per datang…
    Yaaa biar kalau anda ga bisa dateng kan anda juga ga rugi bayar per bulannya.. sama-sama untung.
    silakan kontak saja .
    0274-381407 ( Cantabile musik studio ) Pemilik dosen ISI jur. musik
    bisa datang ke rumah anda juga…
    Guru bagus, Bukan karena menang dari nama nya, Tapi guru bagus adalah dimana guru yang bisa menjelaskan dan memberi contoh dengan benar teknik bermusik yang baik dan gimana membawa psikologi sang murid juga.

    Salam musik

  17. duuu…

    aq pengen banget bisa biola,,
    mpe ngimpi2..

    tapi g tw mw les dimana.. mana aq kmrn baru aj 20thn,,
    telat g yach??

    mw bisa biola… mw bisa biola…

    tp qa awam bgt ni..

    les dmn y? beli biola yang gmn y??

  18. aku sebel am nyokap . ak blng ak pen les musik , tp mama nyuruh ngelanjutin les b.inggris . ak pen bgt les musik terutama biola . bisa kasi tau dmn ak bsa blajar biola tp dng harga yg ga mahal ?

  19. pernah lihat n dengar orang di tangkap lagi pesta sabu dan pesta sex nggak?…….ada yang sadar nggak sih ada satu hal yang sangat-sangat menonjol dalam hal ini……yaitu:keduanya dilakukan secara bersamaan….jawaban nya:…… bisa!…nah sekarang?….kita mau main piano kek, biola, gitar classic,drum…ya hajar aja..lanjut trus..dari pada hari-hari habis mikirin cewek mulu, lagian yang ini jauh lebih baik dari kasus yang ketangkap tadi! k
    ayak gue nih lagi jalanin teori ini…biola n gitar classic…doakan steaf yaaaaaaaaaa……………….?

  20. Wah,saya baru aja mesen biola buatan pa mustofa di kedungbadakbaru,rumahnya udah pindah kesana Jl.rukun no.5,tanya satpam juga ngerti qo. Soal suara,wah biola buatan bapak ini top Bgt, dia membuatnya berdasarkan konstruksi biola eropa yang harganya puluhan juta rupiah,he5,tapi dia menjual biola buatannya dengan harga yg terjangkau.

  21. Wah,saya baru aja mesen biola buatan pa mustofa di kedungbadakbaru,rumahnya udah pindah kesana Jl.rukun no.5,tanya satpam juga ngerti qo. Soal suara,wah biola buatan bapak ini top Bgt, dia membuatnya berdasarkan konstruksi biola eropa yang harganya puluhan juta rupiah,he5,tapi dia menjual biola buatannya dengan harga yg terjangkau.keren kan?

    1. Bung Rizq,

      Kalau boleh tanya harga kisarannya berapa ya ? Jika kurang etis di publish tolong via email aja ke saya masruri1@yahoo.com

      Saya pingin pesen ke Pak Mustofa buat ulang tahun anak saya yang saat ini sdg belajar biola, dia masih menggunakan ukuran 3/4

      1. No HP’nya pak mustofa 081282860437..
        Beliau udah pindah, bukan di kedung badak lg.. silahkan hubungi beliau.. dijamin, bioalanya ga kalah dengan yang diatas 5juta

    2. Saya tertarik banget untuk belajar biola, tapi masih bingung biola yang bagus itu yang seperti apa.
      Saya tertarik dengan keterangan anda tentang biola buatan pak Mustofa, kalau boleh tau, berapa kisaran harganya untuk ukuran 4/4.
      Mohon dikirim ke alamat email saya aldilaaf@yahoo.com
      terimakasih

  22. . .biola g slalu ditentuin bgs lwt hrgana. . .handmadE eropa taoN 170oan. .suarna oke pny

    biola copyan na strdvri yg hrg 15 jg ntU jg g bda2 amat ma biola z.h ma c.a gotz. .yg pnting snarna sm2 pirastro. .hoho

    ga ada kta trlambt buad maen alat musik.apalg biola.walo gue ngri aBiz wkt liad anag smp kelas2 udh nympe gradE 6. .
    Bt anyways. .buad yg maw blajar. .tetep smgt. .

    1. LES BIOLA.

      MENERIMA LES BIOLA UNTUK WILAYAH BANDUNG DAN SEKITARNYA.
      GURU BERPENGALAMAN.
      GURU BISA DATANG KE RUMAH MURID.

      HUBUNGI :
      IVAN.
      TELP:
      08996189167.
      (022)92646433.

  23. Wah, menarik bgt..ternyata banyak juga yg baru mulai belajar biola di usia kepala 2..
    Salam kenal ya..
    Mau tanya, alamat pak mustofa masi di kedung badak ga ya?
    Soalnya saya mau pesan biolanya untuk bermain, tapi agak bingung alamat pastinya..
    Mohon petunjuknya :)
    Trims sebelumnya buat infonya..

  24. mau les biola?

    di BIRAMA MUSIC CENTRE
    guru senior berpengalaman

    Komp. Pemda Jalan Gatot Kaca 3 no. 16
    Jatiasih – Bekasi
    No telp. 021-8213910 / 021-98554044

    dijamin bisa cepat…!!

  25. utk pemula spt kita2, klo mo beli biola bagus di grand indonesia (bundaran HI). Produk jerman kwalitas bagus. Aq dah beli harganya cuma 900ribu. Finishing body juga bagus anti gores. swara oke, apalgi diksh spul. spul bs beli dign agung. nanti bs bedakan deh ama produk lokal. bukanya aku ngejelekin buatan bangsa sendiri. soalnya aku pertama kali pernah beli buatan lokal. harga lebih mahal. kata orang2 pokoknya bagus buatan biola buatan ini itu dsb. ngga taunya kwalitas yach… prihatin… itu jg baru nyadar abis aku jln2 ke GI. ngebandingin ama buatan jerman. wah. jauh banget. duuuhhhh…. kecewa beraaatttttt……!

  26. buat vina, maksudnya lokal tuh pabrikan lokal apa kerajinan perorangan? setahuku buatan pabrikan lokal tdk ada yg dijual didalam negeri, mereka utk pasar ekspor. soalnya harga ga kejangkau (biasanya… ha…ha) cuma kalangan tertentu aja. klo yg buatan pengrajin perorangan mungkin saja mutunya nggak bagus. maklum rata2 ngga sesuai standar. ukuran besarnya aja mungkin standar tp kwalitas suara dibawah standar. Bahan2nya jg mungkin dr kayu yg kurang bagus termasuk finishingnya. aku juga udah ngebandingin buatan pengarajin perorangan, tapi ya itu, sepintas dilihat aja kita udah tau kwalitasnya. pernah kecewa jg sama spt vina, aku beli di Cianjur, pengarajinnya pak M, info dari temen katanya bagus. samalah senasib kaya vina. yah itung2 aja klo ada temen yg pinjem aku kasih yg buatan pengrajin itu. saranku klo beli mending ditoko musik sekalian, dijamin pasti nggak kecewa. ada yg lebih murah buatan china, lumayan lebih bagus dan murah Rp.750rb, ada byk ditoko2 musik & toko2 buku terkenal. trim

  27. MENERIMA LES BIOLA UNTUK WILAYAH BANDUNG DAN SEKITARNYA.
    GURU BERPENGALAMAN.
    GURU BISA DATANG KE RUMAH MURID.

    HUBUNGI :
    IVAN.
    TELP:
    08996189167.
    (022)92646433.

  28. wah ternyata banyak juga ya yang pengen belajar musik diusia segitu, tidak aku aja,, sebenernya aku juga pengen, dah bilang sih ma ortu,pengen belajar musik, tapi kata mereka aku ini suka bosenan,, padahal klo bosen karena hal itu g menarik buat aku dan aku orangnya juga pemalu,, tapi setiap melakukan sesuatu juga g pernah sukses,, sedihnya. . . aku pengen belajar piano ato biola,, kira-kira ku bisa g ya belajr sekarng?? rasanya pengen banged bahagian ortu dengan cara apapun,, pengen tunjukin ke mereka klo aku bisa! sedih juga klo mereka g mendukung pa yang aku kerjakan. . .
    trus aku harus gimana donk ??
    klo untuk biola hal spesifik apa yang harus diparhatikan saat beli untuk seorang pemula??
    bagusnya itu kusus privat ato reguler??
    trus mang diterima klo belajar musik umur 20 tahunan? disetiap tempat kursus. . .

  29. salam kenal bwt smuanyaa…aku bru 7thn pengen bgt blajar biola tempt blajar yang bgs dibogor dimana n brapa ada yang tauu plizzzz

  30. @Ana and Lisa : kita mirip banget ,ortu aku juga bilang kyak gitu ,
    aq juga suka banget sama 2 alat musik itu biola and piano tapi baru mau belajar biola sih ,kalo piano aq pernah les tapi berhenti padahal suka banget ma piano ,aq mau mulai belajar biola , tapi ortu ku nggak ngedukung ,tapi aq tetep semangat aq mau tetep yakinin mereka kalo aq serius belajar biola……………
    yang penting nggak ada kata terlambat buat memulai sesuatu

  31. aku juga nih,pengen bngt belajar biola.. udah lama pengen, tp ga kesampaian. ortu jg bilang udah telat mw belajar musik. aku udah 18, bentar lagi msk univ ke serpong.ada yg tau ga tmpt les biola dsna? kalo bisa si yang murah, soalnya kayanya harus pake uang sendiri nih…
    minta sarannya yah…
    biola di GI bs pesen ga yah? ga bs kesana soalnya…

  32. saya malah sudah berusia 22 tahun dari kecil saya pengen skali bisa main biola, tp keadaan kami yang tidak memungkinkan beli alatnya, untuk biaya hidup saja susah..
    jadi sekarang saya sdh bekerja pengen beli biola dari uang saya sendiri..bagusnya apa ya..
    belum terlambat kan…?

  33. Kebeneran gue juga lagi cari guru les, dulu waktu kuliah pernah belajar, tapi kepentok skripsi, niatnya vakum sebentar dan malah kebablasan dan akhirnya kerja udah 2 tahun, itu biola nggak pernah gue pegang2 lagi. jadi kaku2 lagi deh.

    Kalo gue baca2 komen di atas, terlihat membicarakan Bapak mustofa, karena penasaran akhirnya dicoba deh cari referensi tentangnya, dan dapet info dari link ini:

    http://www.btc-bppt.com/index.php?option=com_content&task=view&id=123

    UKM Mustofa Biola beralamat di Kedung Badak RT 13/02 Kelurahan Kedung Badak Kecamatan Tanah Sareal BOGOR 16165, mungkin bapak mustofa ini kali yah? nanti gue check ke TKP deh.. :D

    1. Mas Rubi,

      Check TKP nya sudah berhasil ? Jika masih valid alamatnya saya mau meluncur untuk pesen biola buat anak saya upgrade dr 3/4 ke 4/4

  34. MENERIMA LES BIOLA UNTUK WILAYAH BANDUNG DAN SEKITARNYA.
    GURU BERPENGALAMAN.
    GURU BISA DATANG KE RUMAH MURID.

    HUBUNGI :

    IVAN.

    08996189167,
    087822612233,
    08562253502,
    (022)92646433.

  35. Wahhh,,
    saya juga berusia 20 tahun,
    dan baru sekarang mau mulai belajar biolaa..
    T_T
    Masih bisa kan yaa..?
    saya kepingin sekaliiiii

    lagi nyari guru privat niiii..
    ada info ga untuk privat biola di jakarta,
    tapi kalau bisa yang ngajar cewek..

    oia,
    mohon info dong,,
    untuk pemula, beli biola di mana ya..?
    kisaran harga berapa..?

    terimakasih

  36. les Biola,Vokal,dan alat musik lainnya. di jogja.. Biaya bukan per bulan tetapi per datang…
    kalau anda ga bisa dateng anda juga ga rugi bayar per bulannya.. sama-sama untung.
    silakan kontak saja .
    0274-381407 ( Cantabile musik studio )/
    085664448681 (Evan)

    bisa datang ke rumah anda juga…
    Guru bagus, Bukan karena menang dari nama nya, Tapi guru bagus adalah dimana guru yang bisa menjelaskan dan memberi contoh dengan benar teknik bermusik yang baik dan gimana membawa psikologi sang murid juga.

    Salam musik

  37. Koq pertanyaan tentang pantas ngak umur 17-22 ikut les musik ngak di jawab?????

    Aq juga baru mau belajar musik piano nih…
    Qr” untuk di Makassar les privat di mana yah baiknya (yang murah dan enak di kuping)?
    Dan bisa ngak kalau umurku udah 19 tahun?

    Oh iya, apa bedanya keyboard dan piano sih?
    Yang dipake baiknya yang mana?

  38. tp kadang meskipun niat,usaha sama udah bisa fokus, kalo kitanya gampang badmood bisa langsung ancur tuh semuanya.
    contohnya dulu saya pas kelas 1smp pernah les biola, cuma 6 bulan, karena gampang badmood, udah deh berhenti, pdhl sebenernya kalo main biola udh plg fun bgt!!
    eh sekarang kelas 1sma tiba2 pengen main biola lagi-____-

  39. wah, trnyata agan2 smua suga menggemari biola ya…ane pikir cuman ane doang nyang suka ame tu biola..ane plg seneng mejeng di bndung cuman buat dengerin pengamen2 dago maen biola…wkwkwk, drpda nnton live erwin gutawa, khan mahal tuh..wkwk

  40. saya menerima panggilan les biola dan saya datang langsung kerumah anda.. saya tinggal di jakarta timur.. hub/sms ke no. 085215925292. utuk wilayah jakarta depok bekasi. saya mengajarkan dengan cara otodidak supaya bisa lebih cepat bisa memainkan biola dengan mudah..

  41. wah gua juga pengen banget tuh ketemu n beli biolanya pa Mustafa. setelah searching di mbah gugel gua dapet alamatnya dari:
    http://id.indonesian-craft.com/product/comment/504/1/
    dan alamatnya :
    Mustafa Biola
    Jl. Baru, Komplek Perumahan Kadung Badak Baru
    Rt 11 Rw 06, Jl. Karya no.117, Bogor.

    belum tau sih ini alamat yg dulu ato yg skrg…jadi, kalo ada yg udah ktemu pa mustafa nya, tolong di share yaaa…
    soalnya gua lg nyari alamatnya jg nih..

  42. senang sekali ternyata banyak jg teman2 yg spt sy, skrg sy ingin bermain biola lg he.. stlh lama melupakannya, sy jg ingin les biola lg, trims info nya,

  43. klo umur 29th kayanya terlambat banget ya? sebenrnya ini cita2 dari dulu tp belum kesampean aja.. kira2 klo belajar biola sampe mahir butuh berapa lama?

  44. kami dari Figaro Music Shop
    menawarkan alat alat musik, termasuk biola dan asesoris nya
    kwalitas bagus, harga murah..
    buatan eropa ataupun china.
    hub Email : figaro,music@yahoo.com

  45. semangat2 buat yang mw mulai nelajar meski sudah tua…krn sy pun mw belajar di umur 26 ini…ayo semangat buat saya dan kalian yang mw mulai…dari pada gak sama sekali kita lakuin..pasti ad hasilnya,,,, ^^

  46. Ada yg mau beli biola ga? Ane mau upgrade biola ane ke yg lbih tinggi tingkatannya…cocok banget buat pemula…only Rp 700K merk Premiere ukuran 4/4…hubungi 081906402732

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s