Saung Angklung Udjo

Saya ingin kesana! Malu rasanya sebagai orang Sunda yang tinggal di Bandung -bahkan dulu sempat tinggal selama 3 bulan di rumah saudara di Padasuka- tapi saya belum sempat pergi ke Saung Udjo! Sudah lama saya ingin sekali menyempatkan pergi kesana -kalau bisa sih ngajak rombongan dari Kampung Gajah- apalagi kemarin saya menemukan brosur yang menarik tentang Saung Udjo.

Berikut sedikit cerita tentang Saung Udjo yang saya dapat dari beberapa sumber, termasuk brosur yang tadi.

Saung Angklung Udjo berlokasi di Jl.Padasuka No 118, Bandung 40192 Jawa Barat, Indonesia Telp +62 22 7271714 Fax +62 22 7201587. Saung Udjo menampilkan seni pertunjukan yang bernuansa bambu, dari alat musik yaitu angklung, tempat duduk penonton sampai dengan sentra pentas. Selain itu terdapat permainan kecapi dan suling yang melantunkan kawih Cianjuaran. O ya di brosur juga dituliskan terdapat pula pertunjukkan kesenian khas Jawa Barat seperti wayang golek, rampak kendang, seni beladiri Pencak Silat, Sendratari, drama Sunda, Puisi Sunda, dan Tari Topeng khas Cirebonan.

Pengunjung -katanya lagi- dapat menikmati minuman khas Sunda, bandrek dan bajigur. Tuh buat orang Jakarta siapa kemarin yang bilang ke saya ingin menikmati bajigur, bagaimana kalau kita minum-minum bajigur sambil nonton pertunjukkan di Saung Udjo? Tambahan lagi di sekitar pelataran seni itu tumbuh rumpun-rumpun bambu yang resik dan alami. Segar kan? Nah, kalau ini saya tahu pasti. Dulu pernah ngintip-ngintip sih, waktu jalan kaki sepulang sekolah.

Pengunjung yang datang dapat menikmati nuansa Kampoeng Soenda bahkan turut mencoba mempraktekkan sendiri alat musik angklung tersebut. Saung Angklung Udjo memiliki jadwal pertunjukkan rutin setiap sore di lokasi.

Eh tapi ada yang saya catat nih dalam mencapai lokasi Saung Udjo tersebut. Macetnya itu lho! Duh teu kiat. Jalan Padasuka itu sempit dan tidak nyaman dilalui kendaraan roda apapun dan bahkan untuk berjalan kaki. Berdebu, dan banyak pabrik tekstil di kanan kiri. Dulu sih tiap ada bis turis datang langsung deh macetnya bisa sampai bego. Coba ya pemerintah daerah dapat lebih memperhatikan soal akses jalan ini.

What you are

What job you have chosen

Do it well

Do it with love

Without Love

You are dead before you die

Udjo Ngalagena

Catatan tambahan : sekarang sudah tidak malu lagi karena hari Minggu tanggal 20 Agustus 2006, saya sudah sukses pergi kesana! *bangga*

 

About these ads

50 thoughts on “Saung Angklung Udjo

  1. Jamparing seja ngempelkeun blog/situs urang Sunda sabuana. Nanging aya saratna nyaéta kedah aya seratan anu diserat dina Basa Sunda. :)

    Bilih hiji waktos kersa ditumbu, sumangga wartosan kami.

  2. Pingback: Jay adalah Yulian

  3. ni hao!!!
    SAU..
    aq naq tourism nih,,
    blh ga aq mnta di websitenya ditambahin annual reportnya SAU donk,,
    cuz aq bth bw presentasi,,
    blh ya,,
    thanX beforE!!!

  4. eh………………cari partitur angklung yang komplit di website mana ya????????lagi butuh nih………untuk demo MOS di skolah. Jadi kita2 butuh lagu2 yang keren2……please kasih tau (^_^)

  5. saya sebagai orang padasuka pituin dekat sekali dengan lokasi saung angklung mau kasih tau klo sekarng pabrik sudah berubah jadi mall,jadi g terlalu banyak debu ,tapi untuk urusan macet masih kaya jaman baheula(dulu2)

    harus ada penangulangan dari govermaent karena temapt ini
    \prospect sekali ditambah di daearah atas ada CArtil (caringin tiga ) tempat nongkrong anak muda bandung ..

    harapan simkuring pengen jl,padasuka itu bagus dan dilebarin, biar jadi kampung sunda ,,,baut lestariin budaya …

  6. Assalamu’alaikum Wr. Wb

    To : Miramarsellia

    Salam Kenal dan salam Persahabatan

    Insya Allah tanggal 1 April 2009, group kami dari Majelis Taklim Masjid Agung Sunda Kelapa, akan berwisata Ibadah ke Bandung. Salah satu agenda acaranya akan melihat pertunjukan ke Saung Udjo.

    Jumlah group kami kurang lebih 25 orang terdiri dari Ibu-ibu dan Bapak-bapak. Ketua rombongan Ibu Hj. Nurul Aini S. Gatam dengan Koordinator ibu Hj. Farida Ibrahim.

    Sampai ketemu di Bandung (Saung Udjo)

    Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

  7. assalamualaikum wr.wb

    kumaha damang….
    hai………….
    lam ya buat ana maulana kul di UPI lembang
    klo bisa minta mail na ya……………

    hatur nuhun…………

    lam….

  8. Assalamu’alaikum Wr. Wb

    kumaha damang………..
    lam ya buat ana maulana yang kuliahna du UPI lembang
    ana yang berperan jadi pemain laga/ silat…
    dari SMIP jakarta wisata 1….

    salam,
    irma………………

  9. Di sekolah anak sy (Trisula Perwari 3 Rw mangun,Jkt)ada kegiatan ekskul angklung yg hampir setiap thn ikut lomba & Alhamdulillah hampir selalu mendpt juara. Tp yg bikin org tua murid & guru2 prihatin adalah kondisi angklung yg kami punya sudah sangat tidak memadai bahkan boleh dikatakan rombeng. Suara angklung& basnya sember,jauh dari suara layaknya angklung.Jgnkan utk memainkan angklungnya,utk membwnya saja sdh malu krn dr sekian byk peserta lomba cuma kami yg py angklung rombeng. Dan krn keadaan angklung yg spt itu thn lalu kami tdk mendpt juara krn suara yg dihslkan benar2 tdk bs dinikmati. Angklung yg kami py mmg sdh lbh dr 10thn&sampai skrg blm pernah diganti dgn yg baru. Dan herannya pihak yayasan sekolah tidak ada tindakannya. Pernah kami,org tua murid, menanyakan tp hanya dijwb krn tdk ada dana. Sementara kepsek selama ini tdk pernah transparan ke org tua murid. Kasihan anak2 kami,jgn sampai mereka tdk bisa bermain angklung lg yg merupakan satu2nya kebanggaan sekolah kami. Sy & org tua murid yg lain bingung hrs bgmn, untuk itu kami mohon bantuan&saran. Sblmnya sy m’ucapkan byk trimaksh kpd yg ikut merasakan keprihatinan kami.

  10. pertunjukan nya keren banget .. seru abiss . pengen kesannnaaaa lagiiiiiiii .
    *aku suka sama cowo yang maen alat musik ituh yang semalem pake baju pink sama hijau … hehe

  11. Kalo mau beli angklungnya dijual berapa 1 set nya..??
    dan berapa bayar pelatih nya..
    karena dikantor saya mau buat kegiatan karyawannya dikesesian ini aja..info info yach…

  12. Kalo mau beli angklungnya dijual berapa 1 set nya..??
    dan berapa bayar pelatih nya..
    karena dikantor saya mau buat kegiatan karyawannya dikesenian ini aja..info info yach…

  13. Waaaah…. Bner tuh saung angklung udjo keren beudth…!!!
    Cz w di ajarin maen angklung
    pdhal sblom’a w kgak prnah maen angklung…!!!

    Di saung angklung udjo juga ada teteh yg caem jga tuh,,,,
    nma’a teteh evi klo gk salah :)

  14. aku sudah kesana …tempatnya bagus ..nyaman dan disana kita bisa berinteraksi dengan pemain angklung , sangat interaktif, dan bersahabat …
    yang main keren2..bahkan anak kecil bisa main…
    keren …..

  15. Sekolah kami ingin mengadakan kegiatan ekskul angklung. dimana kami bisa mendapatkan angklung dengan kualitas bagus dan berapa kira-kira harganya?. Terimakasih

  16. Pingback: Mang Udjo The Legend – Saung Angklung Udjo « The Sundanese Tragedy

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s