Feeds:
Posts
Comments

Cara Menanam Wheat Grass

image

Rumput gandum atau wheatgrass walaupun sudah sejak tahun 1930 dipopulerkan sebagai minuman kesehatan agaknya di Indonesia baru mulai hype beberapa tahun belakangan ini.

Mungkin disebabkan kesadaran akan kesehatan yang makin banyak dipahami oleh berbagai lapisan masyarakat, terutama tentang bahaya mengkonsumsi makanan berpengawet dan mengandung pestisida akhirnya mengalihkan banyak orang untuk mengkonsumsi makana  dan suplemen organik.

Wheatgrass atau rumput gandum ini bukan hal baru sebetulnya. Orang Mesir Kuno sudah mengkonsumsi helai daun muda atau disebut cotyledon rumput gandum ini sebagai suplemen makanan dan berbagai pencegah dan mengobati berbagai penyakit. Wheatgrass yang mengandung banyak chlorophyl juga mineral lainnya yang berguna dipercaya dqpat mengurangi timbunan kolesterol, menyeimbangkan gula darah, menurunkan tekanan darah tinggi dan mencegah kerusakan gigi. Juga sebagai sumber makanan  untuk detoksifikasi atau membuang racun-racun di tubuh.

Walaupun wheatgrass banyak dijual dalam bentuk bubuk dann kapsul penelitian menunjukkan  bahwa wheatgrass segar memberikan nutrisi yang paling tinggi dan zat lainnya yang diperlukan tubuh.

Lalu bagaimana cara menanam wheatgrass atau rumput gandum ini. Dibawah ini adalah petunjuknya.

Pertama..belilah benih wheatgrass..haha..ini bisa didapat di http://facebook.com/rafinagreen , toko online terpercaya yang menjual berbagai benih dan tanaman herbs yang keren-keren (muji diri sendiri).

Benih wheatgrass direndam dulu selama 8 jam atau tidak direndam juga sebenarnya tidak apa-apa. Buang air rendaman lalu bilas.

Siapkan media tanam setinggi kurang lebih 3 sd 5 cm di wadah yang tidak bolong bawahnya. Bisa pot atau baki atau apa saja yang sekiranya dapat cantik dilihat.

Media tanam bisa pasir, sekam, kompos atau cocopeat. Cocopeat adalah serbuk sabut kelapa dan batoknya sangat menahan air sehingga cocok pisan untuk wheatgrass ini.

Letakka  benih wheatgrass dengan merata di permukaan media tanam. Tekan-tekan agar bersentuhan dengan media tanam. Siram pagi dan sore. Jaga kelembaban agar benih tidak kering. Tapi jangan tergenang. Nanti busuk.

Tutup wadah dengan kain atau kertas koran, atau tissue towel. Jangan terkena matahari.  Ini ditutup sampai 3 hari. Pada hari ke 4 letakkan wadah di tempat yang kena sinar matahari tapi jangan langsung dan buka kertas penutupnya ini gunanya agar tunas menghijau.

Hari 7 sd 9 wheatgrass yang sudah bercabang dua ini dapat digunting dekat pangkalnya untuk dapat dikonsumsi.

Jaga benih wheatgrass agar tetap sejuk. Ruang ber-ac sangat sesuai agar suhu terjaga dibawah 25 derajat celcius. Atau letakkan di dalam rumah di tempat yang sejuk.

Selamat menanam!

Untuk pemesanan dan pembelian wheatgrass..dapat menghubungi Rafina Green di 08112225222 via sms dan whatsapp only. Kalau ditelepon tidak bisa karena tidak menggunakan gadget untuk voice. Terima kasih.

Nenek Tua, Herbs and Spices

image

Suatu malam saya bermimpi. Mimpi ini sudah lama. Bertahun-tahun yang lalu. Seorang nenek tua yang wajahnya samar karena saya sulit mengingatnya lagi, namun gesit dan galak, mengajari saya tentang rempah.

Mangkuk-mangkuk penuh dengan aneka jenis rempah kering dengan aneka macam warna ada di meja di hadapan saya. Wangi dan harumnya berbeda namun segar dalam ingatan. Ada kunyit warna kuning terang, saffron warna oranye oker, bubuk cabe yang merah membara, berbagai macam rempah hijau, dedaunan dan aneka biji-biji rempah dan bumbu.

Saya dimarahi kalau tidak hapal. Dan si nenek mau saya tahu jenis rempah yang banyak ini baik nama, jenisnya dan manfaatnya.

Ini gara-gara saya baca buku novel Chitra Banarjee Divakaruni yang judulnya Mistress of Spices apa ya?

Entahlah. Tapi sejak itu sepertinya saya jatuh cinta pada tanaman rempah. Lagipula cuma tanamam rempah yang mau tumbuh baik di tangan saya.

Rosemary yang wangi daunnya runcing. Bila disentuh menguar wanginya menempel di tangan kita, wangi segar yang harum seakan mewakili keharuman hujan dan daun di hutan. Bila dicampur bawang putih secara ajaib wanginya berubah menjadi perpaduan wangi rempah yang gurih dan harum.

Thyme yang mentahnya terasa agak kesat luar biasa harumnya untuk bumbu berbagai masakan. Baik dipanggang maupun berupa sup. Perpaduanya dengan lemon seperti sebuah harmoni kesegaran musim semi dan keharuman buah di penghujung musim panas.

Ada puluhan lainnya tanaman rempah di kebun saya. Satu persatunya unik dan saya mencintai mereka semua. Setiap pertemuan di waktu pagi akan mengantar saya dengan keriangan dan nyanyian untuk menjalani hari.

20150124_200848_resized

Lagi ngabisin stok ini, barangkali saja ada yang susah dapetin gochugaru di kota Anda tinggal dan mie instan Korea, tersedia sbb:

Gochugaru (repacking) per 100 gram Rp 25.000
Gochugaru kemasan 500 gram Rp 115.000,-

Ada sih yang sekilo, tapi kalau perlunya buat bikin kimchi dan ayam goreng pedas di rumah dan bukan buat tujuan komersil saya sarankan pake yang kemasan kecil dulu, nanti kalau beli banyak taunya engga buru-buru dipakai, ya jelek deh jadinya kalau disimpan kelamaan.

Ongkos kirim pakai PT POS 15.000 sekitar segitulah kalau masih dibawah sekilo. Kalau lebih saya juga jarang nagih kok kalau cuma selisih 5000 aja mah.

Selain itu tersedia juga berbagai macam Ramyun atau Ramen Korea, yang pedasnya mantap dan ada juga rasa keju. Saran saya jangan makan sendiri karena mie 120 gram ini bikin kenyang banget, ajakin makan berdua, satu panci saja berdua biar mesra. Lebih afdol makannya pakai tutup panci kayak di film korea. Tambahkan aneka sayur, baso, dan telur kalau mau. Mantap banget kalau dimakan lagi hujan, atau kapan saja saat ingin makanan pedas gurih dan hangat. Kalau yang keju sih engga pedes.

Tersedia:
Shin Ramyun Nongshim Hot and Spicy Rp 20.000/pcs
Nongshim Udon Neoguri Seafood and Spicy Rp 25.000/pcs
Nongshim Vegetarian tanpa msg tanpa daging Rp 250.00/pcs
Ottogi Mie Korea rasa keju, pakaikan jagung manis wah sedap Rp 25.000
Samyang Mie Korea Goreng Rasa Ayam pedasnya edan ..pedes banget lah Rp 25.000

Untuk pemesanan bisa kontak Dewi Rengganis di 08112225222 via whatsapp atau sms.

oh ya expired date rata-rata bulan Sept sd November 2015

Mungkin

Mungkin aku cuma rindu. Rindu obrolan dan ucapan yang berbeda. Saat kita masih melihat dengan pandangan mata yang naif, praktis, terkadang bodoh. Sekarangpun masih, bodoh maksudnya. Tapi sekarang kita menjadi dua manusia yang dingin, acuh tak acuh dan kaku seperti kanebo kering.

Kamu mungkin merasa biasa. Dan seperti yang sudah aku yang akan jadi tersangkanya. Bahwa aku banyak berprasangka, tidak pengertian, mudah emosi dan marah untuk hal yang menurut kamu, remeh.

Aku tidak menyangkal untum hal itu. Tapi karena aku yang tahu pikiranku sendiri maka aku tahu aku sedang rindu. Rindu hal-hal kecil yang kau lakukan, tertawa untuk setiap kebodohan di luar sana, tapi kebanyakan kebodohan diri kita sendiri. Rindu hadiah-hadiah kecil yang kau beri walau itu hanya sebuah gelang dari kerang yang kau beli di pantai. Rindu ciumanmu di kening dan mataku.

Kau berubah banyak kau tahu? Delapan belas tahun itu merubah kamu seperti Bandung jadi punya jembatan layang Pasupati. Dulu kamu adalah jalanan damai yang sepi dengan pohon teduh kiri kanannya. Kini kamu adalah jalan pilar beton dengan kendaraan berat yang hiruk pikuk melaluinya setiap hari.

Kamu berubah dan aku bodoh masih berharap kembang api masih menyala di matamu dan lilin-lilin dinyalakan saat malam sepi bertabur bintang.

Kini bintang sudah hilang tertelan cahaya kota..dan jalan kecil penuh pohon itu hanya tinggal foto yang tercetak dalam ingatan saja.

Untuk kamu. Ya kamu. Gelang kerang pemberian darimu itu masih kusimpan aman. Di laci kantorku dan kulihat kadang dengan bahagia. Tapi kebanyakan dengan murka putus asa.

About Relationships

Ini potongan lirik dari lagu jadul dari Karyn White:

I fought my way through the rush hour trying to make it home just for you
I want to make sure that your dinner will be waiting for you
But when you get there you just tell me
You’re not hungry at all
You said you’d rather read the paper
And you don’t want to talk
You like to think that I’m just crazy
When I say that you’ve changed
I’m convinced I know the problem
You don’t love me the same
You’re just going through the motions
And you’re not being fair
I’ve got my pride
I will not cry
Still I can’t help but care

Jadi sebagai misal bisa digambarkan situasinya begini:

Bila kita memiliki pasangan; resmi maupun tidak resmi, baru sebatas teman tapi mesra ataupun sudah berlangsung lama, baik itu teman sejenis ataupun lawan jenis, yang penting bisa kategorikan sebagai seseorang yang berbeda, istimewa dan lebih tinggi secara harkat maupun kastanya di hati kita,…. (jeda sebentar), kita akan merasa kecewa, kesal, jengkel, bahkan marah, atau sampai level putus asa, bila kita mengalami kondisi dan perasaan merasa diabaikan.

Diabaikan bisa beragam jenis, dari tindakan tidak dihubungi lewat alat komunikasi yang ada dan buatan manusia (bukan telepati), dan memang memungkinkan (ada batre, ada colokan listrik, dan ada jaringan), disaat kita merasa situasi yang sedang kita hadapi seharusnya membuat pasangan kita peduli untuk mengkontak, menelepon atau mengirim sms, whatsapp, line, bbm, email, etc.

Atau juga terabaikan adalah saat pasangan melupakan hari dan tanggal tertentu, misalnya ulang tahun, tanggal jadian, tanggal lahir anak, dan tanggal gajian. Juga tidak pernah menanyakan atau kondisi kejiwaan dan fisik kita, sehatkah atau sedang kambuh gilanya.

Lalu misalnya tidak ada keinginan untuk tahu kondisi anggota keluarga kita, situasi pekerjaan kita, karir kita yang mentok dan jalan di tempat, atau tetangga yang kadang parkir sembarangan depan rumah sehingga menyulitkan kita untuk memasukkan mobil ke tempat parkir di garasi rumah kita.

Bisa juga tidak ingin tahu ataupun pernah sekali saja menanyakan apakah keuangan kita sedang stabil ataukah sedang terpuruk seburuk-buruknya dan menuju batas garis kemiskinan.

Kadang juga misalnya tidak menanggapi saat kita menelepon bercerita tentang pasar yang terbakar sehingga kita terjebak macet sepulang kantor dan lagu terbaru dari Miley Cirrus (emang udah ada yang baru?), atau cerita panjang lebar tantang cabe yang kita tanam sudah berbuah dengan lebatnya, dan betapa kita suka mendengarkan lagu Skyfall yang dibawakan oleh Alex Band – bukan yang dinyanyikan Adele dan sudah disetel untuk keduapuluhkalinya hari ini.

Hal-hal semacam itu.

Atau lebih buruk lagi saat pasangan kita pulang dan kita menantikan obrolan yang hangat dan ucapan cinta, yang ada pasangan kita malah membuka notebooknya dan melanjutkan pekerjaan entah apanya dan sama sekali tidak menoleh padahal kita sudah manatap penuh harap untuk sepotong pembicaraan pengantar malam.

Harus bagaimana bila seperti itu?

Mungkin pilihannya adalah menutup buku dan membakar telepon.

Rabu 2015

Karena aku tidak bisa berbicara, aku bisu dan aku tidak pandai menyusun kata.

wpid-20150121_125310.jpg

This is the end
Hold your breath and count to ten
Feel the earth move and then
Hear my heart burst again

For this is the end
I’ve drowned and dreamt this moment
So overdue I owe them
Swept away, I’m stolen

Let the sky fall
When it crumbles
We will stand tall
Face it all together

Let the sky fall
When it crumbles
We will stand tall
Face it all together
At skyfall
That skyfall

Skyfall is where we start
A thousand miles and poles apart
Where worlds collide and days are dark
You may have my number, you can take my name
But you’ll never have my heart

Let the sky fall (let the sky fall)
When it crumbles (when it crumbles)
We will stand tall (we will stand tall)
Face it all together

Where you go I go
What you see I see
I know I’d never be me
Without the security
Of your loving arms
Keeping me from harm
Put your hand in my hand
And we’ll stand

Bersisian Hening

Karena malam merangkak pelan menuju pagi. Hening dan sepi saling berkejaran tidak mampu ditepis suara angin atau rintihan lagu binatang yang bersuara malam. Aku jauh dari mimpi. Nyalang tapi tak menanti pagi hari. Hanya menghitung detik saja. Selewat kupanjatkan doa bagi terpidana mati karena keadilan hanya milik Tuhan dan hanya dia yang tahu isi hati dan kebenaran.

Aku tidak mampu menepis kelam jadi kubiarkan saja ia menyergapku dalam diam. Berbaring saja tanpa usaha. Kutatap nanar langit kamar yang samar karena hanya mendapat cahaya dari lampu halaman.  Kebodohanku yang tidak bergerak beranjak dari pikiran tentang dia akhirnya membuatku berpikir sedang apa dirinya dan perempuan di sisinya.

Kebodohanku yang berharap di awan pikiran dan sela apapun yang dia lakukan, semoga ada lintasan walau sekejap seperti kerjap kilat… tentang diriku dalam bersitan angan. Kelemahanku yang berharap hal demikian.  Sisanya hanya meminta saja semoga nyamuk malam ini sampai turunannya sirna atau sedikitnya melupakan keinginan menghisap darahku dengan murka.

Cinta Pertama

Sepanjang perjalanan ke kantor kemarin radio di mobil yang tersetting di stasiun yang sering memutar lagu-lagu kesukaan; pagi ini mengobrol tentang cinta. Tepatnya mendefinisikan cinta pertama. Apa itu cinta pertama, menurutmu seperti apa?

Banyak bahasan banyak telepon masuk, semua orang punya definisi sendiri tentang cinta pertamanya. Aku rasa aku pun begitu. Lelaki yang disukai awal-awal masa pubertasku bukan cinta pertamaku. Mereka hanya para lawan jenis lucu yang menarik minat untuk datang ke sekolah lebih pagi, kegeeran kalau disapa, dan alasan untuk melewati tempat mereka nongkrong dengan memutar jalan menuju kantin.

Sekarang setelah sekian tahun nama-nama mereka hanya jadi daftar saja untuk tertawa belaka mengingat kebodohan dan peristiwa lucu yang terjadi kebanyakan karena kebodohan tadi.  Satu atau dua atau mungkin tiga orang yang pernah disukai semasa remaja bukan seseorang yang mampu membuat menangis belasan tahun, bukan orang yang mampu meninggalkan luka atau membuat senyum saat mengingatnya dan bukan  sebuah nama yang sering diucap dalam doa untuk dipanjatkan agar Tuhan selalu menjaganya dan membuatnya bahagia.

Dia yang kukenal di usia jelang dua puluh tiga, yang menciumku pertama kali di tengah hujan gerimis yang bahkan bukan ciuman pertamaku dengan lelaki, yang pernah menggenggam tanganku semalaman saat kami tidur di kursi karena tidak ada kamar kosong lagi di penginapan itu.

Dia yang meninggalkan sebuah lubang di dada dengan bentuk tidak jelas dan beraturan, seperti bekas di lahan akibat sebuah pohon besar tercerabut dari tanah tempatnya berdiri kokoh sekian lama namun dipaksa untuk lepas dan tumbang.

Dia yang membuatku membawa luka kemana-mana, juga kadang tangis dan tawa saat sendiri sehingga kupikir mungkin aku sudah gila. Mungkin kini aku mengerti kenapa ada cerita Laila Majnun dengan kegilaanku sendiri.

Cinta? Mungkinkah. Aku akan lihat sampai berapa lama lagi dia bertahan…apakah sampai waktuku habis ataukah besok pagi saja. Saat aku terbangun dengan kicau burung dan melihat seserpih awan lewat. Mungkin ada angin pembebasan yang singgah dan berbaik hati membawa kepingan hati yang hilang di dada dan membuatnya utuh lagi dengan mantra bernama lupa.

Wherever You Will Go

novachrystallis.com

novachrystallis.com

Dengerin lagu patah hati di jam satu malam saat sepi emang beda ngefek sama jam satu siang saat makan. Ngehe banget dah pokoknya. Lepas dari pengaruh lagu itu pada hati saya yang berdarah-darah ini, tidak membuat saya lantas lupa bahwa Alex Band yang nyanyi lagu ini cutenya kepalang koplok. Alias cakep pisan. Soalnya cakepnya itu macam tokoh di animasi gitu lah. Yang di Final Fantasy itu. Zack. Wajah sih imut, eh suaranya sangar kayak Sammy Hagar. Kurang ajar banget kan.  Model suara gini kan bikin saya pingsan di tempat.

ALEX_BAND4f406da3b5101
So lately, been wondering
Who will be there to take my place
When I’m gone, you’ll need love
To light the shadows on your face

If a great wave shall fall
It’d fall upon us all
And between the sand and stone
Could you make it on your own?

[Chorus:]
If I could, then I would
I’ll go wherever you will go
Way up high or down low
I’ll go wherever you will go

And maybe, I’ll find out
The way to make it back someday
To watch you, to guide you
Through the darkest of your days

If a great wave shall fall
It’d fall upon us all
Well I hope there’s someone out there
Who can bring me back to you

Run away with my heart
Run away with my hope
Run away with my love

I know now, just quite how
My life and love might still go on
In your heart, in your mind
I’ll stay with you for all of time

[Chorus]

If I could turn back time
I’ll go wherever you will go
If I could make you mine
I’ll go wherever you will go

I’ll go wherever you will go

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 223 other followers

%d bloggers like this: